Kurikulum

Pesantren Azzikra Media | Selasa, 15 Maret 2016 - 15:17:40 WIB | dibaca: 10159 pembaca

Pesantren Mu’adalah.
Mungkin masih banyak yang bertanya-tanya tentang Pondok Pesantren Mu’adalah itu seperti apa sih? dan bisa tidak ijazahnya di akui, serta melanjutkan di pendidikan perguruan tinggi?
Baiklah petanyaan itu akan kami jawab, dan insya Allah akan bermanfaat bagi para pembaca yang bertanya-tanya tentang Pondok Pesantren Mu’adalah.

Pondok Pesantren Mu’adalah adalah Pondok yang disetarakan dengan SMA/MA yang wajib sekolah 6 tahun walaupun pondok tersebut tidak mengikuti Kurikulum Kemdiknas (SD, SMP,SMA) atau kurikulum (MI, MTS, MA) akan tetapi alumni Pondok Mu’adalah dapat di terima (diakui) di perguruan tinggi luar negri seperti Al Azhar, Ummul Quro’ dsb.

Bagaimana dengan muatan pelajaran nya ?
Muatan pelajaran di mu’adalah yaitu pelajaran dalam kategori kepondokan sama dengan Pondok modern Darussalam (Gontor), yang mana berbasis pelajaran bahasa Arab. Diantaranya Nahwu, Shorof, Bahasa Arab, Hadits, Mahfudzot, dll.

Apakah hanya pelajaran berbasis arab saja di mu’adalah ?
Oh tentu tidak, di mu’adalah ada juga pelajaran yg berbasis pelajaran umumnya bahkan tidak tertinggal dengan sekolah umum lainya seperti SMP dan SMA, dan menggunakan kurikulum 2013 (K13) yang sudah di revisi.

Bagaimana dengan kegiatan mu’adalah ?
Di pondok mu’adalah banyak sekali kegiatan-kegiatan yang dapat mengisi keseharian para santri bukan lain yaitu kegiatan yang dapat mendidik anak santri, yang mana kegiatan tersebut terbagi waktunya yaitu ada kegiatan harian, mingguan, bulanan, dan tahunan.

  • Harian contohnya: Shalat 5 waktu, piket pondok, masuk kelas, penyetoran hafalan Alqur’an, penambahan kosa kata bahasa arab dan inggris, olahraga dll.
  • Mingguan contohnya : Muhadoroh 2 bahasa, Muhadasah, dll.
  • Bulanan mengadakan contohnya : Muhadoroh Akbar 2 bahasa tingkat rayon kamar dll.
  • Tahunan contohnya: Ujian Akhir Semester (UAS) dan pekan perkenalan pesantren dll.